Belanaja Online

Diskon Akhir Tahun yang Menggoda dan Tips Agar Anggaran Belanja Tidak Membengkak


Moment akhir tahun merupakan salah satu waktu yang dinanti-nantikan oleh kaum wanita karena pada saat tersebut banyak sekali toko online maupun konvensional mengadakan berbagai diskon akhir tahun yang menarik. Tapi Anda tetap harus dapat mengendalikan diri, karena tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan moment tersebut untuk mencari berbagai barang murah tetapi malah membuat pengeluaran bertambah. Dapat dikatakan alih-alih mencari keuntungan dari adanya diskon tetapi malah buntung akibat pengeluaran yang tidak dapat dikendalikan. Tidak sedikit produsen yang memanfaatkan pengunjung tahun sebagai waktu tepat untuk mengadakan berbagai program promo.


Mungkin Anda bisa lihat sendiri jika pada akhir bulan dalam satu tahun pasti hampir setiap toko mengadakan diskon yang sangat menggoda mulai dari cuci gudang, diskon hingga 70 persen, buy one get one free, atau jenis program promo lainnya. Untuk waktu itu merupakan kesempatan satu kali dalam setahun yang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Strategi dan trik jitu para marketing setiap toko yang mengadakan program promo ternyata dapat membuat banyak masyarakat penasaran dan akhirnya mencoba berbelanja. Kata-kata yang membuat Anda terseret tersebut terkadang dapat menjadikan Anda awalnya tidak mempunyai niatan untuk membeli jadi tertarik membeli.

Bukan itu saja bahkan beberapa masyarakat yang sebenarnya tidak begitu memerlukan barang yang ditawarkan jadi membeli karena rayuan dari gombalan marketing setiap perusahaan atau toko. Nah, secara tidak langsung itu akan mempengaruhi pengeluaran Anda yang semakin tidak ter kendalikan. 

Namun tenang, berikut ini ada beberapa cara atau tips supaya isi dompet tetap aman walaupun dalam kondisi diskon besar-besaran yaitu:

1. Cek kembali berbagai barang yang ada dirumah.
Sebelum akhirnya mengikuti euphoria keramaian yang ada diberbagai toko online dalam menyambut diskon akhir tahun Anda harus mengecek kembali barang yang ada dirumah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir Anda supaya dapat lebih mengontrol membeli berbagai macam barang yang dibutuhkan saja. Misalnya saja sepatu yang Anda miliki sudah mulai rusak, celana yang sudah mulai mengecil atau kebutuhan lainnya. 

2. Buat anggaran yang sesuai.
Kemudian cara kedua yaitu buat anggaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, hal ini dimaksudkan untuk Anda supaya dapat lebih mengontrol pengeluarannya. Dengan ini Anda secara tidak langsung berlatih disiplin karena jika anggaran sudah habis tentunya tidak bisa memaksakan untuk membeli atau mengambil barang lainnya.

3. Perbandingkan harga.
Tidak jarang para penjual memanfaatkan moment diskon yang terjadi setia akhir tahun ini untuk bertindak curang. Misalnya menaikkan harga terlebih dahulu sebelum akhirnya memberikan penawaran diskon. Makanya penting melakukan perbandingan harga produk satu dengan lainnya walaupun harga tersebut termasuk dalam harga promo.

4. Teliti sebelum membeli.
Tidak sedikit pula para produsen yang memanfaatkan akhir tahun sebagai promo cuci gudang, makanya lebih baik teliti terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan untuk membeli. Karena terkadang Anda akan menemukan barang-barang yang telah cacat karena merupakan strok barang lama.

5. Beli yang dibutuhkan.
Jika melihat harga yang murah sebagai wanita mempunyai hati naluri yang selalu tertarik untuk membelinya tanpa pikir panjang. Nah, kebiasaan seperti itu lebih baik dihalangi, lakukan pembelian barang sesuai dengan kebutuhan saja. 

6. Pertimbangkan dengan saran ataupun masukan.
Walaupun cara ini tidak begitu efektif pada beberapa orang tetapi tetap menarik untuk dilihat. Anda jangan yang memburu diskon akhir tahun saja tetapi tidak mempertimbangkan dengan benar. Jika perlu ajak teman Anda untuk memberikan masukan ataupun saran.

About Back Space

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.