Baju India

Mengenal Macam-macam Baju India

Apabila dicermati saat ini banyak sekali stasiun tv yang menayangkan drama India. Drama India tersebut ternyata mendapat rating yang baik sehingga semakin banyak drama India lain yang ditayangkan sebagai ganti ketika satu drama tayang. Bahkan dalam satu hari tidak hanya satu judul drama India yang ditayangkan oleh satu stasiun tv, bisa hampir lima judul drama India yang akan menampilkan pemainnya memakai baju India yang terkenal indah itu.
Baju India
Baju India. (foto: bukalapak.com)
Orang India memang terkenal bangga akan pakaian tradisionalnya sehingga tidak segan untuk memakainya setiap ada kesempatan. Mungkin bagi orang Indonesia akan aneh ketika setiap hari memakai baju tradisional seperti memakai jarik. Pakaian tradisional disini biasanya hanya akan dikenakan saat ada event khusus tertentu yang membuat orang harus memakainya seperti acara pernikahan, wisuda, atau ikut lomba di hari Kartini. Akan tetapi tidak begitu dengan warga India yang masih mengenakan pakaian tradisionalnya ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. Apabila kita lihat di drama India wanita India terutama akan tetap setia memakai baju tradisionalnya baik di rumah maupun ketika keluar rumah. Dan mereka juga tidak canggung untuk memakai baju tradisional ketika sedang berada di luar negeri.

Inilah macam-macam baju India:
Baju India sendiri mempunyai banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan wilayah dan siap yang memakainya. 

1.  Saree 
Saree atau Sari yang telah dikenal luas sebagai baju tradisional yang dipakai wanita India pada umumnya. Sari merupakan kain panjang yang ukurannya 5-8 meter yang cara memakainya dililitkan pada tubuh pemakainya tanpa dijahit. Cara pemakaiannya Sari mirip dengan Ihram yang biasa digunakan laki-laki ketika umroh ke tanah suci. Karena hanya dililitkan begitu saja sehingga pemakaian Sari ini dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita masing-masing. Umumnya Sari dikenakan wanita yang sudah menikah.

Sari sendiri mempunyai tiga bagian yaitu ravika yang merupakan sejenis blues choli yang memiliki lengan pendek dan garis leher rendah sebagai atasan. Bagian kedua adalah petticoat atau lehenga yang merupakan bagian rok panjang yang dikenakan sebagai bawahan. Dan terakhir merupakan kain Sari itu sendiri yang dililitkan pada bagian atas rok yang ada di bawah pusar dan disampirkan di bagian bahu sehingga ada sisa di bagian punggung belakang.

2. Punjabi
Jenis baju tradisional kedua ada baju Punjabi yang merupakan baju adat utamanya daerah India utara. Baju Punjabi sendiri berbeda dengan kain Sari karena pemakaian baju Punjabi yang dianggap lebih praktis dari Sari. Baju Punjabi ini terdiri dari blues panjang yang dikenakan dan ditambahkan dengan kain panjang yang hanya dipakai di tangan atau bisa juga disampirkan pada bahu dan sisa kainnya dibiarkan terurai anggun di belakang punggung.

3. Kurta
Sedangkan untuk baju India yang terakhir adalah kurta. Baju ini dipakai oleh warga laki-laki yang disebut sebagai baju Kurta. Baju ini mempunyai bentuk kemeja panjang hingga sampai lutut dan ditambahkan dengan celana sebagai bawahannya. Aksesoris tambahan Kurta adalah dhoti yang merupakan kain berbentuk persegi panjang yang ukurannya hingga lima meter dan diikatkan pada pinggang atau bisa disampirkan begitu saja pada leher pria India. Baju ini biasa menggunakan bahan sutra yang merupakan bahan terbaik. Di India sendiri terkenal mempunyai kain yang sangat indah dan motif yang khas dari negara India. Berbagai warna baju yang dipakai juga mempunyai arti sendiri dan dipakai dalam momen tertentu. Sama seperti India, masyarakat Indonesia juga seharusnya bisa bangga akan baju tradisionalnya yang memiliki motif yang indah.

About Back Space

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.