Tips

Siapkan 7 Hal Penting Sebelum Membangun Rumah

Apakah Anda sedang merencakan untuk membangun rumah impian? Jika ya, tentu Anda tidak boleh melewatkan yang satu ini, perencanaan yang matang! Sebelum merencanakan untuk membangun rumah impian Anda, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal yang penting sebelum memulainya. Hal ini perlu Anda ketahui agar selama proses pembangunan rumah Anda tidak terjadi hambatan alias lancar. Untuk ini berikut 7 hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum membangun rumah. Yuk, langsung disimak!

Anggaran Biaya
Membangun rumah impian tentu membutuhkan biaya dalam jumlah yang besar. Walaupun saat ini Anda bisa melakukan kredit atau peminjaman melalui bank. Sebaiknya sebisa mungkin, biaya membangun rumah harus dipersiapkan dengan baik dari jauh-jauh hari. Hal ini tentu sangat penting karena uang tersebutlah yang akan digunakan untuk membayar berbagai macam keperluan pembangunan dari awal hingga proses finishing membangun rumah. Dimulai dari membeli tanah, membeli bahan material, membayar jasa tukang bangunan dan juga untuk membeli furnitur untuk mengisi rumah Anda. Pastikan bahwa Anda masih memiliki tabungan untuk keperluan sehari-hari dan kebutuhan perawatan rumah Anda dalam jangka panjang. Dengan memiliki biaya yang memadai tentu Anda dapat menciptakan hunian impian sesuai dengan keinginan Anda.

Lahan yang memadai
Membangun rumah tidak bisa dilakukan jika tidak ada lahan. Jika Anda masih belum mempunyai lahan sebagai tempat untuk membangun rumah, maka Anda harus mencari lahan yang tepat untuk pembangunan rumah Anda. Carilah lahan dengan beberapa pertimbangan utama seperti luas tanah, lokasi yang strategis, harga yang terjangkau, dan juga terjangkaunya fasilitas umum disekitar lahan tersebut. Jangan lupa untuk memastikan bahwa peruntukkan tanah tersebut adalah untuk tempat tinggal ke dinas yang bersangkutan. Dengan begitu Anda terhindar dari masalah baru yang mungkin dapat muncul dikemudian hari.

Memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Sebagai negara yang berlandaskan hukum, tentu dalam hal mendirikan bangunan juga ada hukum yang mengaturnya. Hal ini diatur dalam undang-undang bahwa pembangunan suatu gedung atau rumah dapat dilaksanakan setelah rencana teknis bangunan gedung disetujui oleh Pemerintah Daerah dalam bentuk izin mendirikan bangunan atau IMB. Jika Anda tidak mengantongi izin untuk mendirikan bangunan, tentu akan ada sanksi yang menanti. Mulai dari sanksi administratif, penghentian sementara sampai mendapatkan izin, hingga denda maksimal sepuluh persen dari nilai bangunan tersebut. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, langkah pertama yang harus diurus yaitu perizinan untuk mendirikan bangunan ke pemerintah daerah setempat.

Adanya Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Selain IMB, RAB juga sangat penting Anda miliki guna untuk menyusun rencana anggaran biaya. RAB ini berfungsi sebagai acuan dasar untuk perhitungan anggaran sebelum membangun sebuah rumah. Rincian biaya dan harga-harga berbagai macam kebutuhan dicatat secara detail dan diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Memiliki RAB yang sudah dipersiapkan dengan baik akan memudahkan Anda untuk mengontrol anggaran biaya ketika proses pembangunan rumah Anda berlangsung, agar tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Memilih tukang bangunan
Dalam proses membangun rumah, memilih tukang bangunan yang baik dan terpercaya adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pilihlah tukang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan terampil dalam hal membangun gedung atau rumah. Tenaga kerja yang ahli dan terampil dalam bidannya tentu akan memudahkan Anda dalam mengerjakan proses pembangunan rumah. Selain itu, proses pembangunan rumah yang dilakukan oleh tukang bangunan yang terampil akan membuat pengerjaan cepat selesai dan tentunya membantu Anda menghemat anggaran.

Memilih bahan material
Beberapa jasa tukang bangunan menyediakan untuk mempersiapkan bahan material sekaligus. Anda bisa mempertimbangkan hal ini karena jika Anda menyerahkan langsung ke tukang bangunan, tentu akan menghemat waktu karena tidak perlu melakukan survei harga dan melakukan perbandingan material. Yang terpenting yaitu pilihlah bahan material yang bermutu baik. Material dengan mutu baik kunci dasar untuk membangun rumah dengan fondasi yang baik dan kuat.

Membuat jadwal pembangunan
Setelah menyiapkan jasa tukang bangunan dan material bangunan, maka selanjutnya adalah menyusun jadwal pembangunan. Jadwal pembangunan ini akan memudahkan Anda dalam mengerjakan proyek pembangunan Anda agar bbisa berjalan sesuai dengan rencana awal. Perhatikan juga jadwal pembangunan disesuaikan dengan keadaan cuaca. Hindari pelaksanaan pembangunan di musim hujan, karena hal ini akan membuat proses pembangunan rumah Anda terhambat.

About Back Space

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.